Wednesday 23 March 2016

8 Trik Jitu Mempercepat Android Yang Lambat

Smartphone anda memiliki spesifikasi yang besar tapi masih saja lambat? Mungkin anda perlu cari tahu apa penyebab yang membuat smartphone kesayangan anda jadi lambat. Bukan hanya lambat tetapi smartphone anda terkadang jadi lag atau restar sendiri dengan tiba-tiba. Siapa sih yang tidak kesal dengan keadaan seperti itu, spesifikasi smartphone sudah lumayan besar, smartphone merek ternama namun tetap saja smartphone heng atau lag.


Langkah pertama mungkin anda harus mengecek apa penyebab smartphone anda jadi lambat, misalnya seperti mengecek pemakaian memory, pemakaian ram, dan lain-lain.
Namun anda tidak perlu khawatir dan anda perlu mencoba beberapa tips yang penulis bagikan dibawah ini, beberapa tips dibawah ini merupakan cara jitu untuk membebaskan smartphone anda dari kata lambat dan beban pemakaian yang berlebihan atau penyebab-penyebab lainnya.

1. Selalu mengupdate aplikasi dan sistem OS smartphone
memperbarui aplikasi dan os smartphone anda adalah merupakan salah satu cara untuk mempercepat kinerja dan performa smartphone anda. Dengan pembaruan semua aplikasi maupun os smartphone anda akan memperbaiki semua kekurangan pada aplikasi maupun os tersebut, dengan pembaruan tersebut jelas ada perbaikan aplikasi misalnya perbaikan bug, penambahan fitur, pembaruan fitur dan lain-lain. Untuk mengupdate atau memperbarui aplikasi anda bisa masuk ke playstore nanti anda akan menemukan jika aolikasi anda sudah tersedia pembaruan. Dan untuk os anda bisa masuk ke pengaturan>tentang perangkat>pembaruan software, atau anda juga bisa menggunakan pembaruan dengan menggunakan samsung kies.

2. Bersihkan file sampah sisa unistal aplikasi
mungkin anda menganggap sepele berkas atau file sampah sisa uninstal aplikasi kan? Namun perlu anda ketahui bahwa file sampah tersebut justru bisa membuat smartphone android anda jadi lambat, dikarenakan lama kelamaan file sampah tersebut akan bertamah seiring banyak nya aplikasi yang anda uninstal. Dengan menghapus file sampah tersebut akan membebaskan memory smartphone anda dan otomatis akan menjadikan smartphone anda jadi lebih cepat. Untuk membersihkan file sampah tersebut tidak lah sulit, anda cukup dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 360 security, du bateray, cc cleaner, dan lain-lain.

3. Uninstal aplikasi yang tidak perlu
Jika anda orang yang hobi menginstal aplikasi pada smartphone sebaiknya anda rubah hobi tersebut, menginstal banyak aplikasi jelas akan membebankan kinerja smartphone. Apalagi smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Dengan kata lain anda cukup menginstal aplikasi yang diperlukan saja misalnya seperti pemutar musik, aplikasi pembersih, dan lain-lain.

4. Menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai
Menonaktifkan aplikasi akan sedikit membebaskan ram smartphone android anda, seperti menonaktifkan aplikasi pembawaan smartphone yang jarang dipakai misalnya seperti chrome, maps, layanan google dan lain-lain.

5. Mengurangi efek animasi
Salah satu cara mempercepat android adalah dengan mematikan fitur-fitur animasi pada android, seperti widget, walpaper live dan lain-lain. Aplikasi seperti itu merupakan aplikasi yang banyak mengosumsi baterai dan memory yang akan menjadikan smartphone anda menjadi lambat dan lag. Dan juga menonaktifkan animasi pembawaan smartphone dengan cara masuk ke pengaturan>>tentang perangkat>nomor versi, kemudian anda ketuk sebanyak 7 kali sampai muncul anda telah menjadi pengembang. Kemudian masuk pada pilihan pengembang dan pilih skala animasi jendela, skala animasi transisi, dan skala animasi animator menjadi tidak aktif.

6. Rutin menghapus data aplikasi / Clear cache
Menghapus data aplikasi atau cache akan mengurangi pemakaian memory smartphone, pada umumnya aplikasi semakin lama dipakai semakin besar ukurannya, itu dikarenakan cache yang terus bertambah. Dan itulah yang membuat banyak mengosumsi memory smartphone anda. Sebaiknya rutin membersihkan cache aplikasi pada smartphone anda misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali. Untuk menghapus cache atau data aplikasi adalah masuk ke pengaturan kemudian pilih aplikasi dan pilih aplikasi kemudian hapus data.

7. Cobalah aplikasi pihak ketiga
Kadang aplikasi pihak ketiga justru lebih ringan dan bisa membuat smartphone android lebih cepat dibandingkan aplikasi pembawaan smartphone, misalnya seperti menggunakan launcher, aplikasi pembersih, browser dan lain-lain. Ini merupakan beberapa aplikasi yang patut anda coba untuk mempercepat kinerja smartphone anda.

8. Factory reset atau reset kepengaturan pabrik
Cara ini merupakan cari paling akhir jika memang cari diatas belum mampu teratasi masalah pada smartphone anda, mereset smartphone artinya semua data-data pada smartphone akan dihapus dan seperti baru kembali. Cara ini memang cocok jika smartphone anda bisa dibilang sudah berantakan atau kacau dalam hal misalnya aplikasi, memory penuh, smartphone sering restar sendiri dan lain-lain.

Itulah 8 trik untuk mempercepat smartpphone android yang bisa anda terapkan pada android kesayangan anda. Merawat smartphone android memang tidak jauh beda dengan merawat laptop atau komputer yang sama-sama harus diperhatikan dari semua segi seperti ke delapan trik diatas. Demikian lah trik mempercepat smartphone android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait