Monday 14 March 2016

Cara Mudah Backup Aplikasi Android Menggunakan Es Penjelajah File

Backup atau dengan kata lain mencadangkan adalah sebuah proses memindahkan atau menyalin suatu file atau data yang ada pada satu perangkat ke perangkat lain, misalnya data yang ada pada handphone, komputer ataupun laptop di cadangkan ke perangkat lain atau perangkat eksternal, contohnya seperti DVD, Flashdisk dan Harddisk eksternal.

Manfaat dari backup itu sendiri adalah untuk menjaga keutuhan suatu data atau file jika suatu saat nanti data tersebut akan rusak ataupun terhapus dengan tidak sengaja. Yang artinya backup adalah merupakan hal terpenting untuk keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan suatu perangkat seperti komputer, laptop, handphone maupun perangkat-perangkat lain.

Dengan adanya backup seperti ini maka kita bisa merestore atau mengembalikan lagi data atau file yang rusak tersebut tanpa harus kehilangan data penting kita.
Itulah gambaran singkat tentang pengertian backup, jadi apakah itu hanya menjelaskan tentang backup file dan data saja, namun bagaimana dengan aplikasi terutama aplikasi yang ada di smartphone-smartphone saat ini, apakah bisa di backup juga? jawabannya, Bisa !!!

Apa manfaat dari membackup aplikasi di smartphone android?? Salah satu manfaat dari backup aplikasi adalah jika aplikasi di android kita mengalami error, atau tiba-tiba aplikasi yang terinstal hilang sendiri, maka kita cukup menginstal lagi aplikasi(apk) yang telah di backup sebelumnya. Maka dari itu kita tidak perlu repot-repot untuk mendownload ulang aplikasi tersebut yang hanya akan membuang-buang kouta saja. Sebenarnya ada banyak cara untuk membackup aplikasi atau apk pada smartphone android, namun pada tutorial ini saya hanya akan menjelaskan cara backup aplikasi menggunakan Es Penjelajah FIle.


Untuk cara membackup aplikasi atau apk dengan Es Penjelajah File maka anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Download dan install Es Penjelajah File melalui PlayStore.

- Buka aplikasi Es Penjelajah File yang telah diinstal.

- Sebelum membackup ada baiknya setting dulu output dari hasil backupnya ke memory eksternal atau memory card. Buka Pengaturan Es Penjelajah File.

- Kemudian "APP"

- Pada Direktori backup aplikasi pilih memory card.

- Kemudian pada halaman utama Es Penjelajah File, maka disini ada beberapa kategori yang disediakan, karena kita hanya membackup aplikasi saja maka kita pilih App.

- Kemudian daftar aplikasi yang telah terinstal di handphone android kita akan ditampilkan. Selanjutnya conteng semua untuk memilih semua aplikasi yang terinstal di Android yang akan di backup.

- Langkah selanjutnya pilih Backup.

- Ini adalah tampilan proses backup aplikasi yang mungkin memakan waktu beberapa menit, lama atau tidaknya proses ini tergantung banyak nya aplikasi yang terinstall di android.

Itulah cara membackup aplikasi pada smartphone android menggunakan Es Penjelajah File dan untuk merestore nya anda tinggal menginstal aplikasi yang telah di backup tersebut secara manual yaitu seperti biasa dan sebelum anda menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu anda harus mengaktifkan dulu "sumber tidak diketahui" pada android anda yaitu untuk mengizinkan penginstalan aplikasi yang ada diluar sistem playstore yang terdapat di Pengaturan>Pengaman>Sumber tidak diketahi. Jika ada kritik maupun saran silahkan tinggalkan komentar dibawah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Artikel Terkait